Widget HTML Atas

Translate

Gudeg Makanan Tradisional Jogjakarta

Post a Comment
Gudeg Ialah salah satu makanan yang khas dijogjakarta ini sangat menempel dengan kebudayaan Yogyakarta. Dengan popularitasnya tidak heran bila kota yang satu ini sering diucap dengan nama Kota Gudeg.

Perihal ini telah tidak aneh lagi sebab santapan yang satu ini memanglah telah lama sekali diketahui oleh warga Yogyakarta.

Sederhananya gudeg Jogja ialah masakan yang dibuat dari nangka muda yang dipadukan dengan bermacam bumbu.

Metode pembuatannya lumayan simpel nangka tersebut mulanya direbus dengan bonus gule dan santan kelapa. Tidak kurang ingat bermacam bumbu aksesoris juga ditambahkan sehingga membuat cita rasa yang khas.

Umumnya olahan santapan ini dihidangkan bersama nasi putih dan bonus toping yang lain semacam ayam, telur rebus, tahu tempe dan sambal goreng krecek.


Varian Gudeg
Terdapat 2 tipe varian dari gudeg Jogja ialah gudeg basah serta gudeg kering perbedaannya dari jumlah takaran santannya. Gudeg kering takaran santannya sedikit sebaliknya gudeng basah mempunyai takaran santan yang lebih banyak.

Pada mulanya memanglah Gudeg Jogja lebih diketahui dengan gudeg basahnya. Tetapi, bersamaan perkembangannya mulai dibuatlah gudeg kering yang dimaksudkan buat penuhi permintaan oleh- oleh sehingga lebih instan buat dibawa.

Dengan hadirnya gudeg kering membuat santapan khas Jogja ini terus menjadi terkenal. Warga lebih dimudahkan tidak hanya instan, santapan ini juga lebih tahan lama sehingga sesuai buat dijadikan selaku oleh- oleh.

Perihal ini pastinya berakibat bagus untuk perekonomian masyarakat dengan terus menjadi banyaknya industri rumahan yang timbul.


Sejarah Gudeg
Santapan khas ini awal mulanya ialah santapan yang cuma disantap oleh warga biasa saja. Buat mendalami kebutuhan makan warga yang mayoritas merupakan para pekerja, mereka membuat santapan dari nangka muda itu.

Pemilihan Nangka muda, didasari oleh pertimbangan gampang didapat. Sebab jumlah nangka tersebut banyak, dimasaklah dalam jatah yang besar.

Dalam memasak nangka tersebut, para pekerja memakai perlengkapan pengaduk berbentuk perlengkapan menyamai dayung perahu.

Metode mengaduk tersebut dalam bahasa Jawa diucap hangudek ataupun hangudeg. Kesimpulannya dari situlah nama gudeg berasal.

Pada tahun 1600 an Gudeg Jogja terus menjadi terkenal selaku salah satu sajian yang dihidangkan buat tamu kerajaan. Pada dikala itu, Raden Mas Cebolang singgah ke Padepokan Pangeran Tembayat yang dikala ini terletak di daerah Klaten.

Di situ Pangeran Tembayat menjamu tamunya yang bernama Ki Anom dengan bermacam- macam santapan serta salah satunya merupakan gudeg.


Tempat Makan Gudeg Yang Terkenal di Jogja
1. Gudeg Yu Djum Wijilan 167
Gudeg Yu Djum dapat dibilang salah satu tempat sangat melegenda sebab formula yang dipakai telah turun temurun diwariskan sampai 4 generasi.


Gudeg  Makanan Tradisional Jogjakarta


Tempat yang satu ini sangat cocok buat didatangi untuk mereka yang mencari menu gudeg kering selaku oleh- oleh. Setelah itu siapa sangka bila wisatawan juga diperbolehkan buat masuk ke dapurnya memandang proses pembuatan gudeg ini.

Posisi Gudeg Yu Djum Wijilan 167: Jalur Wijilan Nomor. 167 Panembahan, Kraton, Yogyakarta, Wilayah Istimewa Yogyakarta

Jam Operasional: jam 06. 00 sampai 22. 00

Harga: Dekat Rp. 30. 000, 00 per porsi


2. Gudeg Manggar Bu Tinur
Kedai gudeg Jogja yang satu sesuai didatangi untuk mereka yang mau mencicipi gudeg dengan varian yang berbeda. Perihal ini disebabkan tempat yang satu ini sediakan menu Gudeg yang dibuat dari Manggar ataupun bunga kelapa.


Gudeg  Makanan Tradisional Jogjakarta


Walaupun bahan yang digunakan sedikit berbeda dengan gudeg yang lain, tetapi metode memasaknya senantiasa memakai bumbu yang sama dengan gudeg pada biasanya.

Gudeg manggar ini juga rasanya sangat lezat terlebih dengan bonus telur, ayam bacem dan sambal krecek.

Alamat: Jalur Bibis Raya RT. 04, Dusun Gendheng, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Wilayah Istimewa Yogyakarta

Jam Operasional: 08. 00- 20. 30

Harga: Dekat Rp. 30. 000, 00 per porsi


3. Gudeg Pawon
Gudeg jogja adalah salah satu makanan yang terkenal dijogjakarta sebelum mengawali kegiatan, singkatnya sebagai menu makan pagi.


Gudeg  Makanan Tradisional Jogjakarta


Tetapi Gudeg Pawon malah kebalikannya, kedai ini malah buka pada dikala menjelang malam hari tepatnya jam 6 petang. Walaupun demikian, pamor gudeg ini lumayan populer hingga orang-orang rela mengantre buat memperoleh olahan santapan ini.

Perihal ini bukan tanpa karena, gudeg manis lengkap dengan sambal goreng krecek, ayam, serta pula cabai hijau yang dijajakan di dapur (pawon) ini memanglah mempunyai cita rasa yang sangat lezat.

Alamat: Jalan. Janturan UH/IV Nomor. 36, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Wilayah Istimewa Yogyakarta

Jam Operasional: 18. 00- 21. 00

Harga: dekat Rp. 30. 000, 00 per jatah 
Food Travvel
Food Travvel
Berbagi Informasi Tentang Kuliner Murah dan Enak

Related Posts

Post a Comment