Widget HTML Atas

Translate

Resep Makanan Tradisional Ayam Taliwang Bakar

3 comments

Ayam Taliwang merupakan masakan tradisional khas pulau Lombok berupa ayam kampung yang dibakar dan diberikan dengan bumbu khas. Hidangan ini jadi salah satu kebanggaan masyarakat Lombok dan jadi kuliner khas di wilayah yang memiliki julukan" Seribu Masjid".


Resep Makanan Tradisional Ayam Taliwang


Kuliner dengan memiliki ciri khas rasa pedas ini, pun sangat sesuai dengan selera masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB). Sensasi rasa manis dan gurih yang meresap hingga ke dalam daging ayam, mampu menaikkan cita rasa yang memanjakan lidah.

Walaupun masakan ini terkenal sebagai santapan khas pulau Lombok, tetapi sebetulnya nama Taliwang sendiri berasal dari nama sesuatu kerajaan di Pulau Sumbawa, yang disaat ini jadi kecamatan Taliwang, kabupaten Sumbawa Barat.

Dahulu dikala saat sebelum jadi santapan khas Lombok, Ayam Taliwang yakni santapan perdamaian antara 2 kerajaan. Konon dekat tahun 1630 Masehi, Kerajaan Selaparang di Pulau Lombok lagi hadapi perang dengan Kerajaan Karangasem Bali. Bertepatan berjalannya waktu, pasukan dari Taliwang dan suku Sasak Lombok silih berbaur. Dari pembauran ini sehabis itu mencuat budaya baru baik itu dalam bersosialiasi mamupun pengolahan santapan yang silih disesuaikan antara pasukan Taliwang dan masyarakat asli Lombok. Dan dari sinilah sajian Ayam Taliwang tercipta.

Menu ayam bakar yang terbuat dari ayam kampung muda dengan bumbu cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, garam dan bumbu yang lain. Ayam Taliwang ialah santapan tradisional yang biasanya disajikan bersama nasi putih hangat, plecing kangkung, taburan bawang goreng dan kacang goreng.

Sang Raja mendatangkan pasukan kerajaan Taliwang buat ditugaskan sebagai juru damai. Tidak cuma itu, pasukan kerajaan Taliwang pula mengirimkan juru masak.

Secara lama-lama, perdamaian pula dicapai dengan tata cara diplomasi masakan ayam bakar yang dibuat oleh juru masak kerajaan Taliwang ini.

Tanpa diprediksi raja Karangasem menggemari santapan tersebut. Sejak saai semacam itu ayam bakar yang dimasak dengan bumbu khas ini dikenal dengan nama Ayam Taliwang.

Nah, bila kamu lagi berupaya Ayam Taliwang, jangan sampai ketinggalan dengan Plecing Kankung ya! 2 menu santapan ini sangat nikmat apabila dimakan bersama.

Kali ini aku hendak berbagi Formula Santapan gimana metode membuat formula Santapan Tradisional Ayam Taliwang buat 6 jatah.


Bahan:

1 ekor( 800 gram) ayam kampung, belah 2 tidak putus

1 sdm air jeruk limau

2 sdt garam

400 ml santan encer dari½ butir kelapa

2 sdt gula merah, sisir

3 sdm minyak, buat menumis


Bumbu, haluskan:

8 butir bawang merah

6 siung bawang putih

3 buah cabai merah, bakar

8 buah cabai merah keriting

3 butir kemiri, sangrai

1½ sdt terasi, sangrai


Sambal kecap rawit, aduk rata:

4 sdm Kecap manis Bango

3 buah cabai rawit merah, iris tipis

1 sdt air jeruk nipis.


Metode Memasak

  1. Lumuri ayam dengan air jeruk limau serta 1 sdt garam. Diamkan sepanjang 10– 15 menit. Bakar di atas bara api sampai separuh matang. Angkat, sisihkan.
  2. Panaskan minyak di dalam wajan. Tumis bumbu halus sampai harum. 
  3. Tambahkan santan, garam, serta gula merah. Didihkan sembari sesekali diaduk. Masukkan ayam, masak sampai bumbu menyerap serta ayam matang. Angkat.
  4. Bakar ayam di atas bara api sembari diolesi bumbu. Angkat.


Sediakan lekas ditemani nasi putih serta sambal kecap rawit.

Food Travvel
Food Travvel
Berbagi Informasi Tentang Kuliner Murah dan Enak

Related Posts

3 comments

  1. Yes... Sekarang ga usah ² cari ayam taliwang ke lombok, udah ada resepnya yang dibagikan. Nice info and thanks min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Santuy bang semoga bermanfaat Yee. Dan bisa berkunjung kota wisata dibanten

      Delete

Post a Comment